https://e-jurnal.staiattanwir.ac.id/index.php/jpgmi/issue/feed SALIMA: Jurnal Pendidikan Guru MI 2023-01-21T00:00:00+00:00 Open Journal Systems <p>SALIMA: Journal of Teacher Education MI is a journal published in the Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education Study Program at ISLAMIC RELIGIOUS HIGH SCHOOL (STAI ATTANWIR Bojonegoro). This journal is published twice a year in May. Furthermore, this journal is published in an online version. The focus of this journal is to contain research articles on Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education/SD/MI/SD Teacher Education, such as competency analysis, learning strategies, learning theory, learning development, educator professionalism, and research results. Reviewers will review each article submitted. The review process uses a double-blind review. In this type of peer review, the author does not know who the reviewer is. This is the most common form of peer review among science journals. SALIMA: MI Teacher Education Journal which is supported to publish quality articles and provide positive results for scientific developments related to the journal's focus. You should ensure that your writing is prepared using Article Templates and Read carefully the submission guidelines. Submit your paper in English or Indonesian. If you have any problems with the journal, please contact us at salima@staiattanwir.ac.id</p> https://e-jurnal.staiattanwir.ac.id/index.php/jpgmi/article/view/108 PEMANFAATAN CANVA PADA SISWA KELAS III PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DAN ROHANI MI/SD 03 PANINJAUAN 2021-10-18T11:58:04+00:00 Mega Susanti megasusanti484@gmail.com Adam Mudinillah adammudinillah@staialhikmahpariangan.ac.id <p><em>This study aims to present information related to the use of canva as a learning medium used by educators to facilitate students in learning. During a pandemic, many teachers are overwhelmed in teaching students, because learning is done boldly at home, therefore educators must be able to create a learning atmosphere by making students understand and comfortable with learning. This study uses quantitative research methods, which say that a good learning media in helping teachers and students in learning is the Canva application, because this canva application has many benefits and various kinds contained in it. Because basically learning and spirituality is learning accompanied by practices such as gymnastics, an educator must be able to make media that is as</em> <em>attractive as possible so that students can think innovatively and creatively and understand learning</em><em>.</em></p> 2023-01-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 SALIMA: Jurnal Pendidikan Guru MI https://e-jurnal.staiattanwir.ac.id/index.php/jpgmi/article/view/223 PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA SISWA MATERI MANFAAT GAYA OTOT KELAS IV MI ISLAMIYAH PEJAMBON 2022-08-15T08:30:34+00:00 Lukman Khoirin lukman.khoirin@gmail.com habib mustofa habibmustofa447@gmail.com <p><strong><em>A</em></strong><strong><em>bstrak </em></strong></p> <p><strong><em>&nbsp;</em></strong></p> <p><strong><em>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; </em></strong><em>Penelitian</em><em> ini bertujuan untuk mengkarakterisasi peningkatan pemahaman siswa tentang manfaat materi kekuatan otot melalui model pembelajaran berbasis masalah. Model penelitian yang diadopsi adalah model Kemmis dan Taggart, yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini meliputi dua siklus. Pengumpulan data diperoleh melalui tes, observasi dan pencatatan. Subjek penelitian berjumlah 21 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan kelas IV MI Islamiyah Pejambon di Kecamatan Sumberejo Kabupaten Bo</em><em>j</em><em>onegoro. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan kualitatif dan termasuk dalam kategori penelitian tindakan kelas (action research).</em></p> <p><em>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; </em><em>Penelitian berfokus pada penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan pemahaman pembelajaran saintifik pada materi manfaat gaya otot. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas IV MI Islamiyah Pejambon Kecamatan Sumberejo Kabupaten Boyonegoro mengalami peningkatan pemahaman terhadap pembelajaran IPA (tema). Pada putaran pertama dari 21 siswa, hanya 8 siswa yang mencapai nilai di atas rata-rata. Dengan demikian, 54,16% siswa yang lulus tergolong masih kurang. Pada siklus II tingkat keberhasilannya mencapai 83,33%, sehingga siklus ini dinilai telah membuahkan hasil, selain peningkatan siswa. Oleh karena itu pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Islamiyah Pejambon Kecamatan Sumberejo Kabupaten Bojonegoro.</em></p> <p><strong><em>&nbsp;</em></strong></p> <p><strong><em>Kata Kunci : </em></strong>hasil belajar IPA, model pembelajaran berbasis masalah, penelitian tindakan kelas</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> 2023-01-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 SALIMA: Jurnal Pendidikan Guru MI https://e-jurnal.staiattanwir.ac.id/index.php/jpgmi/article/view/264 PENGGUNAAN MEDIA BINTANG PRESTASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MINU UNGGULAN WALISONGO SUMURAGUNG SUMBERREJO 2022-09-28T11:50:19+00:00 ACHMAD NUR FAIZIN faizinteleng@gmail.com <p><strong>Abstrak :</strong> Kegiatan penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada siswa kelas II&nbsp; MINU Unggulan Walisongo Sumuragung Sumberrejo Bojonegoro. Berdasarkan hasil observasi terdapat beberapa permasalahan diantaranya kurangnya semangat dan keaktifan siswa dalam mengikuti pelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diperlukan suatu media untuk meningkat motivasi belajar siswa di MINU Unggulan Walisongo. Maka Penelitian ini menggunakan media Bintang Prestasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga minat belajar dan memperhatikan guru saat memberikan materi pembelajaran itu meningkat.. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas II MINU Unggulan Walisongo. Media bintang prestasi adalah media yang menitik beratkan pada pemberian reward pada siswa yang berhasil menyelesaikan tugas dengan baik. Media ini berupa <em>buku berukuran 15&nbsp; cm x 7 cm yang berupa tebel untuk menempel bintang yang didapat oleh masing-masing siswa. </em>yang dibuat dari kertas bufallo dan bintangnya dari stiker. Subjek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas II MINU Unggulan Walisongo &nbsp;Sumberrejo dengan jumlah 30 siswa 14 laki-laki dan 16 perempuan . Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan model desain Kemmis &amp; Mc. Taggart, Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes, dokumentasi. Hasil penelitian pra siklus mendapatkan persentase sejumlah 45%. Dan siklus pertama mendapatkan persentase sejumlah 58,15 % pada siklus kedua mendapatkan persentase sejumlah 75 %. Dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian pengembangan media Bintang Prestasi &nbsp;dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas II MINU Unggulan Wali Songo &nbsp;terbukti dengan pemahaman materi pelajaran dan keaktifan siswa meningkat.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci :</strong> Penggunaan, Media Bintang Prestasi , Motivasi Belajar Siswa.</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> <p>Abstract : This classroom action research activity was carried out on class II students of MINU Unggulan Walisongo Sumuragung Sumberrejo Bojonegoro. Based on the results of observations, there are several problems including the lack of enthusiasm and activeness of students in following the lesson. To overcome this problem, a media is needed to increase student learning motivation at MINU Unggulan Walisongo. So this study develops the Bintang Prestasi media to increase students' learning motivation so that interest in learning and paying attention to teachers when providing learning material increases. This study aims to increase student motivation for class II MINU Unggulan Walisongo. Achievement star media is a media that focuses on giving rewards to students who successfully complete tasks well. This media is in the form of a book measuring 15 cm x 7 cm in the form of a sheet for sticking a star that is obtained by each student. made from buffalo paper and stars from stickers. The subjects of this study were all students of class II MINU Excellence Walisongo Sumberrejo with a total of 30 students, 14 male and 16 female. This study uses classroom action research with a Kemmis &amp; Mc design model. Taggart, data collection techniques in this study are observation, tests, documentation. The results of pre-cycle research get a percentage of 45 %. And the first cycle gets a percentage of 58.15 % in the second cycle gets a percentage of 75 %. It can be concluded that the results of research on the development of the Bintang Prestasi media can increase the learning motivation of class II students of MINU Superior Wali Songo as evidenced by understanding the subject matter and increasing student activity.</p> <p>Keywords: Development, Achievement Star Media, Student Learning Motivation.</p> <p>&nbsp;</p> 2023-01-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 SALIMA: Jurnal Pendidikan Guru MI https://e-jurnal.staiattanwir.ac.id/index.php/jpgmi/article/view/258 MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 1-C MI HASYIM ASY’ARI PEPE DALAM PEMBELAJARAN DARING MELALUI APLIKASI GOOGLE MEET 2022-09-21T03:39:39+00:00 Moh. Agus Syairofi Syafi' agussyairofi@gmail.com <p>Pandemi Covid-19 memberikan pengaruh besar pada bidang pendidikan. Salah satunya&nbsp;&nbsp; Penelitian ini bersifat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan teknik kuantitatif untuk menghitung skala motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas 1-C di MI Hasyim Asy’ari Pepe dalam pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi <em>Google Meet</em>. &nbsp;Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan pada penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa pengunaaan aplikasi Google Meet dalam pembelajaran kelas 1-C dapat meningatkan motivasi belajar peserta didik. Hal tersebut dibuktikan pada penelitian tindakan kelas siklus I sebelumnya sebesar 47% meningkat menjadi 87.5% pada siklus II. Hasil belajar daring peserta didik juga mengalami peningkatan dari siklus I dengan rata-rata 63.8 menjadi 82.9 di siklus II.</p> 2023-01-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 SALIMA: Jurnal Pendidikan Guru MI https://e-jurnal.staiattanwir.ac.id/index.php/jpgmi/article/view/261 PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI METODE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS 5 MI PEJAMBON 2022-09-24T08:51:38+00:00 Moh. Muhajir muhajir@gmail.com afifatussyafi syafi afifatussyafi08@gmail.com <p>Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya keaktifan siswa kelas V MI Pejambon terhadap pelajaran Ipa. Berdasarkan hasil pengamatan yang peneliti lakukan pada pembelajaran sebelum diadakan penelitian guru hanya menggunakan model pembelajaran ceramah dan tanya jawab, guru tidak menggunakan metode dalam pembelajaran.<br>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keaktifan serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ipa kelas V di MI Islamiyah Pejambon dengan menggunakan metode jigsaw. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus, adapun kegiatannya yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 10 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes. Analisis data menggunakan teknik deskriptif. <br>Hasil pengamatan menyimpulkan bahwa melalui metode jigsaw dapat meningkatkan keaktifan serta hasil belajar siswa. Pada siklus I ketuntasan keaktifan siswa rata- rata sebesar 45,00% dan pada siklus II kentuntasan belajar dengan nilai rata- rata sebesar 80,00%. <br>Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode jigsaw dapat meningkatkan keaktifan siswa pada pelajaran Ipa kelas V Mi Pejambon.</p> 2023-01-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 SALIMA: Jurnal Pendidikan Guru MI https://e-jurnal.staiattanwir.ac.id/index.php/jpgmi/article/view/265 PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE ROLE PLAYING PADA MATERI PEMBAGIAN KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH 2022-09-29T06:39:20+00:00 Dwi Indah Nursita dwi@lecturer.uluwiyah.ac.id <p>based on the results of learning observations in class, on average students have difficulty learning the material for dividing two numbers. It is shown that there are still many students who get low scores below the KKM (minimum completeness criteria) that must be achieved, students have not mastered the concept of division, students are less serious in receiving lessons from the teacher because many are busy and do not pay attention to the teacher, students are less active in the learning process. learning and students still have difficulty in dividing two numbers. The score achieved by the students of class II-A MIN Malang 2 is not good in mathematics subject matter of dividing two numbers. This is an indication that the learning process that has taken place so far is less interesting so that students are less able to understand the material being studied. The purpose of this study was to determine the application of the role playing method in improving learning outcomes for students in class II-A MIN Malang 2 and to find out the improvement in student learning outcomes using the role playing method for dividing materials in class II-A MIN Malang 2. In this study in this research, the research design used is Classroom Action Research with a participatory collaborative type. The application of the role playing method in learning mathematics learning materials can improve student learning outcomes. This can be seen from the comparison of the students' average mathematics scores from before the action and post-test at the end of cycle 2. The average score of students in the pretest was 58.3. The average value of the post test at the end of cycle 1 is 72.3. This means that there is an increase in the average score of 14. The increase again occurred in the post test cycle 2, the average score of students became 97.6. So there was an increase from post test cycle 1 to post test cycle 2 by 25.3. This increase in value indicates that the application of the role playing method in cycle 1 and cycle 2 is able to improve student learning outcomes in the mathematics subject matter of division. The application of the role playing method is also able to provide motivation and pleasure in the process of learning mathematics in the distribution of materials. Students look more active and enthusiastic in participating in the learning process of mathematics learning materials in class<strong>.</strong></p> 2023-01-21T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2022 SALIMA: Jurnal Pendidikan Guru MI