PENGEMBANGAN KURIKULUM TERPADU BERBASIS PYRAMID OF LEARNING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI SDIT AL USWAH PAMEKASAN

Authors

  • Nurul Jannah

Keywords:

Manajemen Kurikulum Terpadu, Pyramid of Learning, Peningkatan Aktivitas Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengungkap tentang landasan, manajemen dan dampak dari penerapan kurikulum terpadu yang berbasis Pyramid of Learning di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Uswah Pamekasan.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penlitiannya deskriptif dengan menggunakan rancangan model studi kasus. Adapun tekhnik pengumpulan data diperoleh berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi. Penelitian ini menemukan hal sebagai berikut: (1) Landasan penerapan kurikulum terpadu berbasis Pyramid of learning yaitu landasan agama, filosofis, psikologis, sosial dan budaya, dan Ilmu pengetahuan dan tekhnologi (2) Manajemen kurikulum meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang dimulai dengan merancang, melaksanakan dan mengevaluasi kegiatan observasi, kegiatan pembelajaran, kegiatan stimulasi, dan kegiatan pembiasaan. (3) Dampak dari penerapan kurikulum berbasis Pyramid of learning ini ialah menjadikan pengetahuan siswa lebih bermakna, membaca siswa dengan pemahaman, siswa mandiri dalam kehidupan sehari-hari, emosi siswa yang stabil sehingga siap menerima pembelajaran dengan baik, dan menjadikan kemampuan siswa berjalan sesuai ketuntasan tahapan dan perkembangannya.

Downloads

Published

2021-02-11

Issue

Section

Articles