Reformulasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam: Suatu Keharusan di Era Digital

Authors

  • khoirul Muthrofin Pascasarjana Universitas Islam Lamongan
  • Madekhan Madekhan 2Pascasarjana Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v14i2.434

Keywords:

Reformulasi, Kurikulum PAI, Era Digital

Abstract

Era globalisasi atau era digital telah membawa serangkaian perubahan yang fundamental dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Berbagai aktifitas pekerjaan manusia beralih menjadi serba digital sebab adanya teknologi yang canggih, yang memungkinkan manusia mengakses informasi secara luas dan tidak terbatas ruang mauun waktu. Pendidikan Islam diharapkan mampu melakukan upaya pengembangan untuk menjawab problematika yang muncul dan agar tetap survive menghadapi tantangan era digital. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan uraian tentang upaya pendidikan Islam dalam melakukan reformulasi kurikulum PAI sebagai respon terhadap tuntutan dan kebutuhan masyarakat di era digital. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah studi kepustakaan atau library research, yang dilakukan terhadap sumber-sumber data penelitian yang terkait. Data penelitian diambil dari jurnal ilmiah yang didapatkan dari akses google schoolar, buku-buku tentang kurikulum dan Pendidikan Agama Islam, dan artikel lain yang memiliki keterkaitan dengan kajian penelitian. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa perlu adanya upaya reformulasi kurikulum PAI yang ideal dalam merespon kebutuhan dan tantangan kemajuan zaman. Pendidikan Islam memegang peran penting dalam menyiapkan generasi muslim yang unggul, berkualitas, dan memiliki kompetensi pendidikan abad ke-21.

 

References

Abdullah, Ahmad, dan Atika Ahmad. “Pendidikan Islam dalam Membangun Peradaban Manusia.” Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 1, no. 1 (2021): 1–17. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/viewFile/5493/3770.

Ainiyah, Nur. “Melalui Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Al-Ulum 13, no. 1 (2013): 25–38.

Artiani, Listya Endang, Universitas Islam Indonesia, dan Sri Wahyuningsih. Tantangan Pendidikan di Era Digitalisasi 5.0, 2022.

Asy’ari, Ari, dan Tasman Hamami. “Strategi Pengembangan Kurikulum Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21.” IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 01 (2020): 19–34.

Hamdan. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) Teori dan Praktek. Aswaja Pressindo, 2014.

Hidayat, Tatang, dan Syahidin Syahidin. “Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Model Contextual Teaching and Learning Dalam Meningkatkan Taraf Berfikir Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 16, no. 2 (2019): 115–136.

Hilmy, Masdar. Pendidikan Islam dan Tradisi Ilmiah. Malang: Penerbit Madani, 2016.

Junaidi, Aris, Dewi Wulandari, Hendrawan Soetanto, dan Syamsul Arifin. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi. 4 ed. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2020.

Junedi, Beni, Isnaini Mahuda, dan Jaka Wijaya Kusuma. “Optimalisasi keterampilan pembelajaran abad 21 dalam proses pembelajaran pada Guru MTs Massaratul Mut’allimin Banten.” Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 16, no. 1 (2020): 63–72.

Kamal, Musthafa. “Kurikulum PAI dan Problema Masyarakat Modern dan Sekuler dan Implementasinya dalam Pembelajaran Musthafa Kamal (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).” OSF Preprints (2021).

Malik, Abdul. “Reformulasi Pendekatan Pendidikan Islam dalam Problem Kontemporer.” ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam 17, no. 1 (2016): 19.

Muhammad, Abdullah. “Eksistensi Pendidikan Agama Islam Dan Perkembangannya di Sekolah Umum.” AI Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 1, no. 2 (2021): 27–49.

Mulyasa, Enco. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Sebuah Panduan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.

Muslih. “Upaya Pengembangan Kurikulum Prodi Magister Manajemen Pendidikan Islam UIN Walisongo Semarang.” Nadwa : Jurnal Pendidikan Islam 12, no. 51 (2018): 155–180.

Nurmuhlisna, Aen. “Modernisasi Dan Teknologi : Penggunaan Teknologi Untuk Media Pembelajaran Di Generasi Millenial Dalam Pendidikan Modern.” Prosding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA 2, no. 1 (2019): 567–576.

Priscilla, Cindy, dan Deddy Yusuf Yudhyarta. “Implementasi Pilar-Pilar Pendidikan UNESCO.” Asatiza: Jurnal Pendidikan 2, no. 1 (2021): 64–76.

Rahmadani. “Metode Penerapan Model Pembelajaran Based Learning (PBL).” Lantanida Journal 7, no. 1 (2019): 75–86. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/view/4440/pdf.

Redhana, I Wayan. “Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia.” Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia 13, no. 1 (2019): 2239–2252.

Republik Indonesia, Presiden. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tentang Pendidikan Agama Dan Pendidikan Keagamaan. Jakarta: Republik Indonesia, 2007.

Sofiana, Firda, dan Benny Afwadzi. “Kurikulum Pendidikan Islam di UIN Malang; Studi Pemikiran Imam Suprayogo dan M.Zainuddin.” At-ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam 20, no. 2 (2021): 248–272.

Suarni. “Islam Menjawab Tantangan.” Jurnal Tarbawy 6, no. 2 (2019): 80–85.

Sukiman. Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2015.

Sumantri, Budi Agus. “Pengembangan Kurikulum di Indonesia Menghadapi Tuntutan Kompetensi abad Ke-21.” At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam 18, no. 1 (Juni 2019): 27–50. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/attalim/article/view/1614.

Sutcipto. “Kurikulum Pendidikan Budaya Pada Satuan Pendidikan Rintisan (Cultural Education Curiculum in the Pilot Education Units.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 19, no. 4 (2013): 472–486.

Syaifuddin, Sabda. Konsep Kurikulum Pendidikan Islam (Refleksi Pemikiran Al-Ghazali). Banjarmasin: Antasari Press, 2008.

Syu’aib, Kholil. “Kurikulum Dalam Pendidikan Islam.” Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan 15, no. 28 (2019): 68–74.

Tsaniyatus Sa’diyah. “Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami.” KASTA : Jurnal Ilmu Sosial, Agama, Budaya dan Terapan 2, no. 3 (2022): 148–159.

Wafi, Abdul. “Konsep Dasar Kurikulum Pendidikan Agama Islam.” Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam 1, no. 2 (2017): 133–139.

Wahid, Lalu Abdurrahman, dan Tasman Hamami. “Tantangan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam dan Strategi Pengembangannya dalam Menghadapi Tuntutan Kompetensi Masa Depan.” J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 8, no. 1 (2021): 23–36.

Wijaya, Etistika Yuni, Dwi Agus Sudjimat, dan Amat Nyoto. “Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan.” Jurnal pendidikan 1 (2016): 263–278.

Yusuf Sya’bani, M. Ahyan. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Perspektif Pendidikan Nilai.” Tamaddun : Jurnal FAI UMG XIX, no. 2 (2018): 101–114.

Downloads

Published

2023-09-30

Issue

Section

Articles