Pengembangan Panduan Adobe Photoshop Cs6 Berbasis Android untuk Melatih Vokasional Life Skill Editing Gambar Siswa Tunarungu

Authors

  • Bimantara Trimurti Nugrahanto Universitas Negeri Surabaya
  • Pamuji Pamuji Universitas Negeri Surabaya
  • Endang Purbaningrum Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v14i2.428

Keywords:

Adobe Photoshop CS6, Vokasional, Tunarungu

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa tunarungu dalam penggunaan aplikasi komputer adobe photoshop CS6, karena belum adanya panduan khusus bagi siswa tunarungu dalam pengoperasian photoshop sehingga menyulitkan siswa tunarungu dalam proses editing gambar menggunakan photoshop CS6. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan panduan pengembangan adobe photoshop CS6 berbasis android untuk melatih  vokasional life skill editing gambar siswa tunarungu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini  adalah 4D dengan tahapan Define (Pendefinisian), Design (Perencanaan) Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi ahli yang meliputi ahli media, ahli materi, serta pengguna. Data hasil kelayakan berdasarkan uji validitas dari beberapa ahli diperoleh hasil (1) Ahli materi Pendidikan Luar Biasa 75%, (2) Ahli Media 95%, (3) Menurut pengguna 95%. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan panduan Adobe Photoshop CS6 berbasis android untuk melatih vokasional life skill editing gambar siswa tunarungu layak untuk digunakan. 

References

Abdulhaidar. (2018) Peran Teknologi dalam Pembelajaran.(Online) http:abdulhaidar.web.ugm.ac.id/2016/04/22peran-teknologi-dalam pembelajaran/diakses pada tangal 9 Agustus 2020

AECT, The Definition of Educational Technology: AECT Task Force on Definition and Terminology. Washington, DC: Associations for Educational Communications and Technology (AECT), 1997.

Arsyad, A. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Bakti, S., dkk. 2016. Perancangan Aplikasi Pembelajaran Coreldraw X3 Menggunakan Metode Web Based Learning (WBL). Jurnal Riset Komputer. 3(4), 3235.http://ejurnal.stmikbudidarma.ac.id/index.php/jurikom/article/vie w/336/286 DOI: http://dx.doi.org/10.30865/jurikom.v3i4.336

Borg, W R & Gall, M D. (2011). Educational Research: an Introduction (7. ed). New York: Logman Inc

Clough, H. and Closier, A., (2018). Walking the talk: Using digital media to develop distance learners’ digital citizenship at the Open University (UK). The Reference Librarian, 59(3), pp.129-133.

Conway, Karpicke, Anaya, Henning, Kronenberger, & Pisoni (2011). Nonverbal Cognition in Deaf Children Following Cochlear Implantation: Motor Sequencing Disturbances Mediate Language Delays. Jurnal Developmental Neuropsychology 36(2):237-54.DOI 10.1080/87565641.2010.549869

Diartono, D.A. 2008. Media Pembelajaran Desain Grafis Menggunakann Photoshopi Berbasis Multimedia. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, 13(2), 155-167. https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/fti1/ article/view/81/76

Dick, W., Carey, L.,& Carey,JO. (2009). Desain Sistematis. Saddle AtAS, River, New Jersey: Pearson Press. Diundah https://repository .unpad.ac.id/frontdoor/index/index/year/2019/do cId/125643

Dye & Hauser (2014). Visual Attention in Deaf Children and Adults. DOI:10.1093/acprof:oso/9780195368673.003.0009

Gagne, Robert M., and Briggs, Leslie J. (1974) Principles of Instructional Design. New York. Holt, Rnehart and Winston

Glister, P (1997) Digital literacy. New York: Wiley

Efendi, Mohammad. (2008). Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Haenudin. (2013). Pendidikan anak berkebutuhan khusus tunarungu. Jakarta: PT. Luxima Metro Media.

Hidayat, Heri. 2011. Menjadi Master Photoshop Untuk Pemuia Dari Nol Hingga Mahir. Jakarta: Dunia Komputer.

Iswari, M., dkk. 2019. Character Education for the 21st Century in Developing the Careers of Children Special Needs in Vocational Inclusive School. Advances in Social Science, Education and Humanities Research. http://creativecommons.org/licenses/bync/4.0/

Jaya, H., dkk. 2018. Life Skills Education for Children with Special Needs in order to Faciliate Vocational Skills. Journal of Physics: Conference Series. doi :10.1088/1742- 6596/1028/1/012078

Kyle & Harris (2006). A Comparison of Deaf and Hearing Children's Reading Comprehension Profiles. Topics in Language Disorders 35(2):144-156. DOI:10.1097/TLD.0000000000000053

Latuheru, John D. 1988. Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar-Mengajar Masa Kini. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Leton, S.I., dkk. 2021. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Visual dan Realistik bagi Siswa Tunarungu. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika. 5(1), 23-36. http://jurnal.ugj.ac.id/index.php/JNPM/article/ view/4614

Lometti, Guy E. Reeves, Byron. Bybee, Carl R. 2013. Investigating Assumptions of Uses and Gratifications Research. Penelitian Komunikasi.

Loncke &Van (2013).Deaf children's non-verbal working memory is impacted by their language experience. This Article Is Part Of The Research Topic The Role Of Working Memory And Executive Function In Communication Under Adverse Conditions. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2015.00527

Mahmudah, Nurul. (2017). Pengembangan Menggambar Dan Mewarnai Ragam Hias Dengan Teknik Gradasi Pada Siswa Kelas V SDN Kajar 01 Pati. Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Marschark, Kronenberger, Rosica, Borgna, Convertino, Durkin & Schmitz (2014). Social Maturity and Executive Function Among Deaf Learners. J Deaf Stud Deaf Educ.22(1): 22–34.doi: 10.1093/deafed/enw057

Mustaji dan Lamijan. 2010. Panduan Seminar Bidang Teknologi Pendidikan . Surabaya : Unesa University Press

Moores, DF. 1978. Current Research and Theory with the Deaf: Educational Implications. Dalam Liben, LS (Ed). Deaf Children: Developmental Perspectives. New York: Academic Press

Nugraha, Firman. (2015). Aplikasi Photoshop Dalam Meningkatkan Editing Foto Pada Anak Tunarungu Tingkat SMALB. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Nur Humaidi, Hadziq. (2018). Pengembangan Aplikasi Adobe Photoshop CS6 Dalam Meningkatkan Editing Foto Siswa Tunarungu Tingkat SMALB. Surabaya: Jurnal Pendidikan Khusus. Vol 10, No 3.

Nurmaisitha, Dienda & Sudarsini. (2016). Pengembangan Pengolahan Kue Nusantara Dalam Pembelajaran Tata Boga Bagi Siswa Tunarungu. Malang: Universitas Negeri Malang.

Nursalim, Mochamad & Mustaji. 2010. Media Bimbingan dan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.

Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogjakarta: Diva Press.

Purnawirawan, O. 2020. Application of Project Based Learning Model (PjBL) in Learning Design Digital Based Batik Basic Motives at Vocational Schools. Journal of Vocational Career Education. 5(1), 35-42. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jvce

Puspita, G. A., & Irwansyah, I. (2018). Pergeseran budaya baca dan perkembangan industri penerbitan buku di Indonesia: Studi kasus pembaca E-Book melalui aplikasi iPusnas. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 2(1), 13-20

Rais, Afriliana, I., dan Budihartono, E. 2018. Peningkatan Ketrampilan Multimedia Coreldraw di SMK Assalafiyah kota Tegal. Jurnal Abdimas PHB. 1(1), 55-61. http://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/abd imas/article/view/689/577 DOI: http://dx.doi.org/10.30591/japhb.v1i1.689

Reiser, R. A., & Dempsey, J. V. (Eds.). (2012). Trends and issues in instructional design and technology (p. 408). Boston, MA: Pearson

Robiyansah, I. E., & Muthohir, T. C. (2019, December). E-Biotic Digital Literacy in Science Learning for Students with Hearing Impairment. In 3rd International Conference on Special Education (ICSE 2019) (pp. 326- 328). Atlantis Press.

Ronnberg & Lunner (2008). Cognition and hearing aids. Scandinavian Journal of Psychology 50(5):395-403. DOI:10.1111/j.1467-9450.2009.00742.x

Santangelo, T., & Tomlinson, C. A. (2012). Teacher educators' perceptions and use of differentiated instruction practices: An

Seels,C Barbara. 1994. Instructional technology : The Definition And Domain Of The Field. IKIP Malang

Somad, P., dan Andipurnama, D.G. 2012. Pembelajaran Program Aplikasi Corel Draw X4 dalam Meningkatkan Desain Grafis Poster Siswa Tunarungu. Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus. 11(1), 48-57. https://ejournal.upi.edu/index.php/jassi/article/ view/3999.

Somantri, S. 2007. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT. Refika Aditama

Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Sunanda, E. 2021. Program Pengembangan Kompetensi Guru Vokasional Desain Poster Melaluii Program Aplikasi Coreldraw Di Sekolah Luar Biasa YPLAB Lembang. Tesis tidak diterbitkan. Serang: Universitas Pendidikan Indonesia

Suriwati, L.M., Nilakusmawati, D.P.E., dan Sumarjaya, I.W. 2014. Efektivitas Pembelajaran Dengan Media Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tuna Rungu Pokok Bahasan Pecahan Senilai. Prosiding Seminar Nasional Matematika. Universitas Udayana, Bali, 6 November

Swastikawara, S., (2013). Keterbukaan Diri Pada Siswa tunarunguDalam Situs Jejaring Sosial Facebook (Studi Kasus Pada Siswa tunarunguSMALB-B YPTB Malang).

Syifa, L. (2019). Dampak Penggunaan Gatget Terhadap Perkambangan Psikologi Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 538–544

Tanis, E. S., Palmer, S., Wehmeyer, M. L., Davies, D., Stock, S., Lobb, K., & Bishop, B. (2012). Selfreport computer-based survey of technology use by people with intellectual and developmental disabilities. Intellectual and Developmental Disabilities,50(1), 53–68

Thiagarajan S. Semmel, D,S & Semmel, NI. (1974). Intstructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: a Sourcebook. Indiana: Indiana University

Wijiastuti, A., Masitoh, S., Andajani, S.J. and Roesminingsih, M.V., 2019, December. Teaching Science to University Students with Visual Impairment. In 3rd International Conference on Education Innovation (ICEI 2019). Atlantis Press. DOI:https://doi.org/10.2991/icei-19.2019.65

Wirna, Y., dkk. 2018. Rancang Bangun Aplikasi Korektor Kalimat Berbasis Android untuk Anak Tunarungu. Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi. 18(2), 41-48. DOI : 10.24036/invotek.v18i2.267

Downloads

Published

2023-09-30

Issue

Section

Articles