PENERAPAN BLANDED LEARNING PADA SISWA SEKOLAH DASAR: SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Dwi Indah Nursita

Keywords:

Blanded Learning, Kualitas Pembelajaran

Abstract

Laju penyebaran virus covid-19 ini sangat cepat sehingga berdampak pada dunia pendidikan yang mengharuskan pemerintah mengambil tindakan yaitu dengan diterapkannya pembelajaran dari rumah. Pemerintah menyarankan bersekolah dari rumah secara online/daring bagi sekolah/madrasah atau perguruan tinggi. Dalam hal ini sekolah menerapkan sebuah pembelajaran yang berbeda dari sebelumnya sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dimasa pandemi covid-19 ini yaitu dengan menerapkan blanded learning. Penelitian ini menggunakan metode deskrtiptif kualitatif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang bagaimana penerapan blanded learning pada siswa sekolah dasar sebagai upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di masa pandemic covid-19 ini. Kemudian diperoleh hasil bahwa dengan kondisi pandemic covid-19, sesuai himbauan pemerintah yang melarang siswa untuk masuk ke sekolah, maka kombinasi pembelajaran blended learning yang sesuai digunakan 25% pembelajaran tatap muka dan 75% pembelajaran online melalui media whatsapp. Kemudian untuk pembelajaran tatap muka, guru membagi kelompok belajar dan sesekali guru mengunjungi rumah siswa secara bergiliran dengan dihadiri satu kelompok belajar namun dengan waktu yang singkat dan tetap menerapkan protokol kesehatan. Dengan diterapkannya blanded learning maka pembelajaran selama pandemic covid-19 ini tetap bisa berjalan dengan baik dan siswa dapat menuntaskan pembelajaran dengan baik pula sehingga kualitas pembelajaran selama pandemic covid-19 tetap baik.

Downloads

Published

2021-03-19

How to Cite

Dwi Indah Nursita. (2021). PENERAPAN BLANDED LEARNING PADA SISWA SEKOLAH DASAR: SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19. SALIMA: Jurnal Pendidikan Guru MI, 1(1), 1-12. Retrieved from http://e-jurnal.staiattanwir.ac.id/index.php/jpgmi/article/view/52

Issue

Section

Articles