PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SKI KELAS IV MI BAHRUL ULUM 1 BULU BALEN
Keywords:
Media audiovisual, motivasi belajar, pelajaran SKIAbstract
Seorang guru memiliki peran penting dalam proses pelaksanaan pembelajaran. Oleh karena itu, guru diharapkan mampu mengelola kelas menjadi kondusif dan menyenangkan. Tugas guru bukan hanya sebagai pendidik, pembimbing, dan pengajar namun guru juga sebagai motivator. Penggunaan media pembelajaran yang tepat diharapkan mampu mempengaruhi motivasi belajar siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan media audiovisual untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif melalui 2 siklus yang terdiri dari 4 tahapan yaitu, tahap perencanaa, tahap pelaksanaan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Adapun subyek penelitian adalah siswa-siswi kelas IV MI Bahrul Ulum 1 Bulu Balen. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Penggunaan media audio visual kepada kelas IV MI Bahrul Ulum 1 Bulu Balen mata pelajaran SKI mengalami peningkatan sebanyak 17,5% dilihat dari siklus I menunjukan hasil sebesar 60% yang dikategorikan baik dan siklus II sebesar 77,5% yang dikategorikan sangat baik. Hasil analisis angket motivasi belajar siswa pelajaran SKI kelas IV MI Bahrul Ulum Bulu Balen mengalami peningkatan sebesar 10,2% diketahui dari hasil analisis angket motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 54,1% yang dikategorikan cukup dan siklus II sebesar 64,3% yang dikategorikan tinggi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audiovisual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran SKI kelas IV MI Bahrul Ulum 1 Bulu Balen.