IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA MI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Authors

  • Andina Halimsyah Rambe UIN Sumatera Utara Medan

Keywords:

PAIKEM, Keterampilan Menulis

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh gambaran mengenai penerapan model pembelajaran PAIKEM untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 35 subyek (13 laki-laki dan 22 perempuan). Hasil temuan menunjukkan bahwa keterampilan menulis siswa meningkat pada tiap tindakan.berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa model pembelajaran PAIKEM dengan media cerita animasi Youtube dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa MI pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal itu terlihat bahwa setelah dilakukan tindakan, (1) keterampilan menulis siswa MI meningkat dari data awal nilai rata-rata keterampilan menulis siswa hanya 66,71 dengan ketuntasan klasikal 22,85% menjadi 76,29 pada siklus I dan 79,57 pada siklus II dengan ketuntasan klasikan mencapai 77,14%. (2) Peningkatan persentase rata-rata aktivitas guru pada siklus I sebesar 70,17% dengan kategori baik, pada siklus II meningkat menjadi 81,25% dengan kategori sangat baik. (3) dampaknya siswa semangat menulis dan merevisi setelah menyeleksi tulisan menggunakan ejaan bahasa indonesia dan lebih senang berlatih menulis meskipun tidak diperintah guru

Downloads

Published

2021-03-19

How to Cite

Rambe, A. H. (2021). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PAIKEM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA MI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. SALIMA: Jurnal Pendidikan Guru MI, 1(1), 13-22. Retrieved from http://e-jurnal.staiattanwir.ac.id/index.php/jpgmi/article/view/53

Issue

Section

Articles