REORIENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM MENGHADAPI ERA INDUSTRI 4.0

Authors

  • Era mutiah

Keywords:

Kurikulum, pendidikan agama slam, revolusi industri 4.0

Abstract

Kurikulum merupakah salah satu komponen penting yang ada dalam dunia pendidikan. Tanpa adanya kurikulum, guru akan mengalami kesulitan dan kesesatan, ketika menjalankan tugasnya dalam proses belajar mengajar. Kurikulum dalam proses pembelajaran merupakan pengarah dan petunjuk bagi pendidik dan setiap pendidik mempunyai kewajiban untuk memahami dan menguasai kurikulum, serta mengembangkannya, karena kurikulum merupakan suatu sistem yang paling penting dalam konteks pendidikan terlebih dalam pendidikan agama Islam. Dengan memahami dan menguasai kurikulum, para guru dapat memilih dan menentukan arah dan tujuan pembelajaran, metode pembelajaran, Teknik pembelajaran, media pembelajaran, dan alat evaluasi pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan digunakan untuk belajar mengajar. Dalam mencapai tujuan proses pembelajaran yang baik, terlebih dalam menghadapi dan menjawab tantangan dinamika perubahan sosial pada saat ini, pengembangan kurikulum tidak hanya menjadi tugas pemerintah dan pemangku jabatan tertinggi di lembaga pendidikan Islam, guru juga diharapkan dapat memainkan peranannya dalam mengembangkan kurikulum pendidikan agama Islam di lembaga pendidikan Islam, terlebih di era revolusi industry 4.0.

Downloads

Published

2021-03-19

How to Cite

Era mutiah. (2021). REORIENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM MENGHADAPI ERA INDUSTRI 4.0. SALIMA: Jurnal Pendidikan Guru MI, 1(1), 52-69. Retrieved from http://e-jurnal.staiattanwir.ac.id/index.php/jpgmi/article/view/57

Issue

Section

Articles