PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS I-VI DI MI HIDAYATULLAH PRIGU KECAMATAN BULULAWANG KABUPATEN MALANG

Authors

  • Megawati Mahalil Asna

Keywords:

Tingkat Pendidikan, Prestasi Belajar

Abstract

Lembaga pendidikan mempunyai peran yang strategis dalam menentukan arah maju mundurnya kwalitas pendidikan. Sejalan dengan itu, lingkungan keluarga (orang tua) merupakan pusat pendidikan yang pertama dan utama bagi seorang anak. Pendidikan yang berlangsung di dalamnya adalah pendidikan informal, orang tua sebagai pendidik. Namun dalam kenyataannya, orang tua yang berpendidikan rendah ternyata berhasil untuk mendidik anaknya, sebaliknya ada jua orang tua dengan pendidikan tinggi ternyata kurang berhasil dalam mendidik anaknya.

Dari paparan diatas maka yang menjadi permasalahan adalah bagaimana tingkat pendidikan orang tua, bagaimana prestasi belajar siswa kemudian apakah ada pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa

Untuk menjawab permasalah ini, peneliti melakukan penelitian dengan metode korelasi, sedangkan proses pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi dang angket. Data yang diperoleh di analisa secara deskriptif dan data di olah menggunakan rumus product moment.

Dalam penelitian dapat diketahui bahwa tingkat pendidikan orang tua yang tamat SD 38%, tamat SMP 25,3%, tamat SMA 30,8%, tamat perguruan tinggi  5,9%. Data ini menunjukkan bahwa mayoritas orang tua siswa adalah berpendidikan sampai tamat SD

Prestasi belajar yang di dapatkan dari siswa kelas I-IV di kualifikasikan baik. Hal ini terbukti dengan analisa prosentasi 100% siswa yaitu 33,4% dari 237 jumlah siswa mendapatkan nilai 76-84. Dan dapat di ketahui jg bahwa antara tingkat pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa terdapat korelasi hal ini diketahui bahwa nilai r hitung yang diperoleh adalah 1,75 jika hasil tersebut di interprestasikan dengan menggunakan tabel nilai r product moment pada taraf signifikan 5% maka hipotesis diterima.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa orang tua yang memiliki tingkat pendidikan tinggi belom tentu seorang anak mendapatkan prestasi belajar yang sangat baik sebaliknya oang tua yang berpendidikan rendah seorang siswa mendapatkan prestasi belajar yang rendah. Karena semua itu tergantung bagaimana cra orang tua mendidik anaknya.

Downloads

Published

2021-03-19

How to Cite

Megawati Mahalil Asna. (2021). PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS I-VI DI MI HIDAYATULLAH PRIGU KECAMATAN BULULAWANG KABUPATEN MALANG. SALIMA: Jurnal Pendidikan Guru MI, 1(1), 36-42. Retrieved from http://e-jurnal.staiattanwir.ac.id/index.php/jpgmi/article/view/55

Issue

Section

Articles