PENERAPAN PEMBERIAN REWARD DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH

Authors

  • Nila dwi susanti

Keywords:

Reward, Motivasi Belajar, Matematika

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah Nahdlatul Ulama’ Walisongo Sumuragung Sumberrejo Bojonegoro adalah salah satu lembaga yang berbasis Nahdlatul Ulama’ di kecamatan Sumberrejo. Ditemui beberapa masalah dalam pembelajaran tersebut khususnya dalam pembelajaran Matematika di Kelas III, yaitu peserta didik ketika dalam pembelajaran Matematika putus asa tidak ada semangat untuk belajar, ketika guru menjelaskan materi, peserta didik tidak kondusif dalam proses pembelajaran dan banyak yang mengatakan bahwa Matematika itu pelajaran yang sulit. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar Matematika siswa kelas III dengan penerapan pemberian reward di sekolah ini. Pemberian reward dalam pembelajaran harus dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Reward merupakan reinforcement yang bersifat positif, dimana guru memberikan pujian atau penghargaan kepada peserta didik saat berhasil menyelesaikan tugas yang diberikan dengan baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan tindakan kelas yang bersifat kualitatif dengan mengambil latar belakang MINU Walisongo Sumuragung Sumbrrejo Bojonegoro dan metode penelitian dan pengembangan (Research and Develoment). Hasil penelitian menunjukkan penerapan pemberian reward efektif digunakan pada pembelajaran Matematika khususnya siswa kelas III MINU Walisongo Sumuragung Sumberrejo Bojonegoro terbukti dari adanya peningkatan motivasi belajar siswa.

Downloads

Published

2021-03-19

How to Cite

susanti, N. dwi. (2021). PENERAPAN PEMBERIAN REWARD DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH. SALIMA: Jurnal Pendidikan Guru MI, 1(1), 23-35. Retrieved from http://e-jurnal.staiattanwir.ac.id/index.php/jpgmi/article/view/54

Issue

Section

Articles