Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v10i2.21Keywords:
Lingkungan Sekolah, Sumber Belajar, Keterampilan Menulis DeskripsiAbstract
Hasil observasi memperlihatkan bahwa siswa kelas IV SDN Ngasem I Bojonegoro mengalami kesulitan dalam menulis deskripsi. Siswa belum mampu menggali ide dan gagasan berdasarkan gambar yang diamati. Faktor penyebab kesulitan siswa dalam menulis deskripsi adalah guru menggunakan media yang belum sesuai dengan materi yang diajarkan yaitu media gambar. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan aktivitas guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SDN Ngasem I Bojonegoro, hasil belajar menulis deskripsi siswa, serta kendala-kendala dan cara mengatasinya. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus, dan tiap-tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, serta refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes, dan catatan lapangan. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian aktivitas guru pada siklus I dan siklus II memperoleh persentase keterlaksanaan sebanyak 100 %, pada siklus I mencapai nilai 71,56 dan siklus II mencapai nilai 92,18. Ketuntasan belajar klasikal hasil menulis deskripsi siswa pada siklus I mencapai persentase 66,66 % sedangkan pada siklus II mencapai persentase 95,23 %. Kendala-kendala yang dihadapi adalah suara guru yang kurang keras ketika menyampaikan materi, cara mengatasinya dengan meningkatkan suara agar lebih keras. Dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SDN Ngasem I Bojonegoro
References
Aqib, Zainal. 2010. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, TK. Bandung: Yrama Widya
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi
Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 Standart Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas
Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta
Kristiantari, Rini. Tanpa tahun. Menulis Deskripsi dan Narasi. Jakarta: Media Ilmu
Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakarya
Semi, Atar. 2007. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa
Soeharto, Karti dkk. 2003. Teknologi Pembelajaran. Surabaya: SIC
Sudjana, Nana. 2009. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sudjana, Nana. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian KuantitatifKualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suparno. 2007. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Yamin, Martinis. 2012. Manajemen Pembelajaran Kelas. Jakarta: Gaung Persada
Zainurrahman. 2011. Menulis dari Teori Hingga Praktik. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Lukman Khoirin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.