Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Lukman Khoirin STAI Attanwir Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v10i2.21

Keywords:

Lingkungan Sekolah, Sumber Belajar, Keterampilan Menulis Deskripsi

Abstract

Hasil observasi memperlihatkan bahwa siswa kelas IV SDN Ngasem I Bojonegoro mengalami kesulitan dalam menulis deskripsi. Siswa belum mampu menggali ide dan gagasan berdasarkan gambar yang diamati. Faktor penyebab kesulitan siswa dalam menulis deskripsi adalah guru menggunakan media yang belum sesuai dengan materi yang diajarkan yaitu media gambar. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan aktivitas guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SDN Ngasem I Bojonegoro, hasil belajar menulis deskripsi siswa, serta kendala-kendala dan cara mengatasinya. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus, dan tiap-tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, serta refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, tes, dan catatan lapangan. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian aktivitas guru pada siklus I dan siklus II memperoleh persentase keterlaksanaan sebanyak 100 %, pada siklus I mencapai nilai 71,56 dan siklus II mencapai nilai 92,18. Ketuntasan belajar klasikal hasil menulis deskripsi siswa pada siklus I mencapai persentase 66,66 % sedangkan pada siklus II mencapai persentase 95,23 %. Kendala-kendala yang dihadapi adalah suara guru yang kurang keras ketika menyampaikan materi, cara mengatasinya dengan meningkatkan suara agar lebih keras. Dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SDN Ngasem I Bojonegoro

References

Aqib, Zainal. 2010. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, TK. Bandung: Yrama Widya

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi

Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 Standart Kompetensi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas

Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta

Kristiantari, Rini. Tanpa tahun. Menulis Deskripsi dan Narasi. Jakarta: Media Ilmu

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakarya

Semi, Atar. 2007. Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa

Soeharto, Karti dkk. 2003. Teknologi Pembelajaran. Surabaya: SIC

Sudjana, Nana. 2009. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sudjana, Nana. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian KuantitatifKualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suparno. 2007. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Yamin, Martinis. 2012. Manajemen Pembelajaran Kelas. Jakarta: Gaung Persada

Zainurrahman. 2011. Menulis dari Teori Hingga Praktik. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2020-07-16

Issue

Section

Articles